Definisi
Media Massa
Pada komunikasi massa adalah komunikasi melalui
media massa (media cetak dan elektronik). Sebab ,awal perkembangan nya saja
,komunikasi massa berasal dari pengembangan kata media of mass communication
(media komunikasi massa). Media massa sendiri dihasilkan oleh teknologi modern.
Hal ini perlu ditekankan sebab ada media yang bukan media massa yakni media
tradisional seperti kentongan ,angklung ,gamelan, dan lain-lain. Jelas media
massa menunjuk pada hasil produk teknologi modern sebagai saluran dalam
komunikasi massa.
Dalam
hal in juga perlu membedakan massa dalam arti “umum” dengan massa dalam arti komunikasi massa. Misalnya ,kita
pernah mendengar penyiar televise mengatakan “pemirsa ,massa yang jumlahnya
ratusan itu bergerak menuju gedung
DPR-RI untuk memprotes kebijakan pemerintah”. Kata massa dalam hal ini
mendekati arti secara sosiologis. Dengan kata lain ,massa yang dimaksud adalah
kumpulan individu yang berada di suatu lokasi tertentu.
Massa
dalam arti komunikasi massa lebih menunjuk pada penerima pesan yang berkaitan
dengan media massa. Dengan kata lain ,massa yang dalam sikap dan perilakunya
berkaitan dengan peran media massa. Oleh karna itu ,massa disini menunjuk pada
khalayak ,audience ,penonton ,pemirsa ,atau pembaca. Namun ,media massa dalam
komunikasi massa bisa dikatakan bbentuknya antara lain medi elektronik seperti
televise ,radio ,surat kabar ,majalah ,buku ,dan film. Dalam perkembangan
komunikasi massa yang sudah sangat mdern dewasa ini ,ada satu perkembangan tentang media massa yakni ditemukannya
internet. Belum ada untuk todak mengatakan tidak ada bentuk media dari definisi
komunikasi massa memasukan internet dalam media massa. Padahal jika ditinjau
dari ciri ,fungsi ,dan elemnnya ,internet jelas masuk dalam bentuk komunikasi
massa. Dengan demikian ,bentuk komunikasi massa bisa ditambah dengan internet.
Daftar
Pustaka :
Nurudin.2015.Pengantar Komunikasi Massa. PT
Raja Grafindo Persada, Jakarta
No comments:
Post a Comment