Friday, September 30, 2016

Definisi Komunikasi Massa

Definisi Media Massa

Pada  komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa (media cetak dan elektronik). Sebab ,awal perkembangan nya saja ,komunikasi massa berasal dari pengembangan kata media of mass communication (media komunikasi massa). Media massa sendiri dihasilkan oleh teknologi modern. Hal ini perlu ditekankan sebab ada media yang bukan media massa yakni media tradisional seperti kentongan ,angklung ,gamelan, dan lain-lain. Jelas media massa menunjuk pada hasil produk teknologi modern sebagai saluran dalam komunikasi massa.

Dalam hal in juga perlu membedakan massa dalam arti “umum” dengan massa  dalam arti komunikasi massa. Misalnya ,kita pernah mendengar penyiar televise mengatakan “pemirsa ,massa yang jumlahnya ratusan itu bergerak menuju gedung  DPR-RI untuk memprotes kebijakan pemerintah”. Kata massa dalam hal ini mendekati arti secara sosiologis. Dengan kata lain ,massa yang dimaksud adalah kumpulan individu yang berada di suatu lokasi tertentu.

Massa dalam arti komunikasi massa lebih menunjuk pada penerima pesan yang berkaitan dengan media massa. Dengan kata lain ,massa yang dalam sikap dan perilakunya berkaitan dengan peran media massa. Oleh karna itu ,massa disini menunjuk pada khalayak ,audience ,penonton ,pemirsa ,atau pembaca. Namun ,media massa dalam komunikasi massa bisa dikatakan bbentuknya antara lain medi elektronik seperti televise ,radio ,surat kabar ,majalah ,buku ,dan film. Dalam perkembangan komunikasi massa yang sudah sangat mdern dewasa ini ,ada satu perkembangan  tentang media massa yakni ditemukannya internet. Belum ada untuk todak mengatakan tidak ada bentuk media dari definisi komunikasi massa memasukan internet dalam media massa. Padahal jika ditinjau dari ciri ,fungsi ,dan elemnnya ,internet jelas masuk dalam bentuk komunikasi massa. Dengan demikian ,bentuk komunikasi massa bisa ditambah dengan internet.

Daftar Pustaka :
Nurudin.2015.Pengantar Komunikasi Massa. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

No comments:

Post a Comment