Tuesday, March 22, 2016

Internet (Perkembangan Teknologi Komunikasi UBL)

Internet

Dewasa ini komunikasi jarak jauh biasa dilakukan  untuk kepentingan pendidikan ,bukan hanya dunia entertainment saja yg banyak menggunakan fasilitas dunia maya atau WWW yg biasa anda temui pada layar monitor  yg menyajikan situs-situs website. Perkembangan system pembelajaran jarak jauh berbasis elektronik semisal dalam bentuk system e-learning dewasa ini perlu juga digali sejauh mana kita mampu memahaminya mulai dari apa ,mengapa ,bagaimana dan seperti apa bentuknya.

Internet pada mulanya diciptakan  oleh para pengembangannya karna mereka memerlukan kata yg dapat menggambarkan jaringan dari jaringan-jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu. Internet juga merupakan kumpulan orang  dan komputer didunia yang seluruhnya terhubung oleh bermil-mil kabel dan saluran telpon. Jadi ,Internet atau biasa kita sebut Net adalah kumpulan luas dari jaringan computer yang saling terhubung diseluruh dunia mulai dari komputer kecil (personal computer) dirumah –rumah sampai komputer besar diperusahaan-perusahaan. Jadi siapa saja yang mempunyai komputer dan mempunyai persyaratan bias terhubung ke internet dan menjadi bagian dri jagat virtual/maya ini.
Di era perang dingin tahun 60an ,pemerintah Amerika ingin mengembangkan suatu srana yang memungkinkan saluran komunikasi tetap terbuka jika terjadi serangan nuklir. Metode yang ada saat itu memerlukan titik-titik tertentu untuk pengiriman pesan serta pusatkendali untuk mengelolanya. Jika salah satu titik dibom ,keseluruhannya jaringan bisa tidak berfungsi. Maka US Defense ARPA dating dengan usulan jaringan komputer tanpa harus ada satu pusat kendali. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Baru pada awal 90-an ,sebagian dari jaringan ARPA tersebut berubah menjadi internet yang bisa diakses masyarakat umum sampai sekarang.

Definisi lain adalah internet bagaikan sebuah kota eletronik yang sangat besar dimana setiap penduduk memiliki alamat (internet Address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk itu ingin mengelilingi kota elektronik tersebut ,cukup dengan menggunakan komputer sebagai  kendaraan. Hubungan bertumpu diatas media telekomunikasi . inilah yang disebut sebagai “Global Village” atau “Perkampungan Sejagad”. Fasilitas internet yang paling terkenal adalah World Wide Web(WWW) adalah bagian internet yang relatif baru ,sedangkan fungsi seperti mengirimdan menerima E-mail sudah dimanfaatkan orang selama lebih dari 30 tahun.

Internet juga memiliki banyak sekali manfaat yang salah satu fungsinya sebagai media untuk komunikasi dan pertukaran informasi. E-mail memungkinkan kita mengirimkan surat dan file jenis lain kepada para pengguna internet. Ada juga newsgroup yang memungkinkan prang berdiskusikan beragam hal. Program chat membuat kita biasa berkomunikasi(ngobrol) dengan orang lain secara langsung ,seperti telpon cuma dalam  bentuk tertulis. Lalu ada aktivitas sehari-hari yang dapat dilakukan seperti membeli buku atau mencari lowongan kerja. Selain itu internet dapat juga menjadi media promosi  bagi suatu produk atau jasa. Nah,kalau sudah banyak berselancar(surfing) di internet past kita menjumpai banyak hal lain. Tetapi ingat ,yang kita temukan itu ada yang berguna ada juga yang sampah.

Seluruh jaringan komputer di internet saling berkomunikas menggunakan standar protocol yang memungkinkan beragam jaringan komputer dan komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi. Protokol ini  secara resmi dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) ,merupakan cara standaruntuk memaketkan dan mengalamatkan  data komputer sehingga data tersebut  dapat dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak dan hilang.

Keunggulan dan Kelemahan Internet.

Keunggulan
1.Konektivitas dan Jangkauan Global.
Dalam jaringan internet yang terjalin bersifat global tanpa mengenal ruang, waktu dan birokrasi, dimana akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler.  
2.Akses 24 jam
Internet tidak dibantasi oleh waktu, karena dimana pu dan kapapun dunia maya (akses internet) tidak pernah terlelap tidur.
3.Kecepatan
Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet menjadi salah satu pertimbangan pengguna dalam menggunakan internet. Pencarian menggunakan internet jauh lebih cepat.
4.Interaktivitas dan Fleksibelitas
Dalam dunia internet komunikasi dengan pengguna di belahan dunia, dapat anda lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Secara interaktiv misalnya fasilitas chatting. Disamping itu dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat dikomunikasikan dengan pengguna lain.

Kelemahan
1.Ancaman virus
Salah satu yang menjadi masalah dalam internet adalah virus yang selalu berkembang seiring perkembangan dunia komputer. Menyebar lewat global internet, baik lewat email maupun file-file yang didownload.
2.Ketergantungan Pada Jaringan Telepon, Satelit dan Internet Service Provider.
Fasilitas jaringan telepon, bahkan sateliti serta ISP menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian internet. Selain itu saluran telepon di Indonesia masih sangat lambat, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap waktu akses internet dan biaya akan lebih mahal.


Jadi perkembangan dan pemanfaatan internet dewasa ini semakin berkembang dengan demikian dalam perjalanannya internet akan ditentukan oleh banyak subsistem yang ada didalamnya seperti ISP,Provider ,User ,Vendor ,TCPIP ,HUB ,dll.

Daftar Pustaka :

Darmawan ,Deni.2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

No comments:

Post a Comment