Wednesday, March 23, 2016

Surat Kabar (Perkembangan Teknologi Komunikasi UBL)

Surat Kabar

Sekalipun surat kabar merupakan bentuk komunikasi massa ,tetapi media ini bisa dikatakan kurang missal dibandingkan dengan radio maupun televisi. Kalau kita amati dalam kehidupan sehari-hari ,hampir setiap orang mendengarkan radio atau menonton televisi. Sedangkan unuk surat kabar ,pembaca utama surat kabar hanyalah mereka yang lebih terdidik dan lebih tua. Hanya sekita 50% dari orang yang berusia 21 hingga 35 tahun yang memiliki kebiasaan membaca surat kabar.

Pecahnya revolusi prancis pada tahun 1791 membawa dampak pada perkembangan persurat kabaran di eropa ,yaitu pada masa pemerintahan Napoleon yang membuat perkembangan persuratkabaran terhambat. Surat kabar dianggap melakukan agitasi yang dapat mengrongrong kekuasaannya hingga akhirnya Napoleon menutup surat kabar menjadi 13 buah dan terakhir menjadi 4 buah.

Dibelahan dunia lainnya ,persuratkabaran diinggris justru menikmati pembebasan. Di eropa ,surat kabar berbahasa belanda atau prancis beredar luas di Negara-negara lain karena penduduknya dapat memakai 2-3 bahasa nasional. Pada tahun ini sura kabar  terus mengalami perubahan dan perkembangan. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir surat kabar mengalami penurunan akibat kehadiran televise dan media online yang terus berkembang.

Kalau dilihat dari fungsinya ,surat kabar mempunyai dua fungsi umum ,yaitu:

  • Surat kabar berfungsi sebagai sumber informasi tentang apa yang terjadi di dunia dan di daerah setempat. Fungsi ini tidak terbatas pada tajuk rencana. Beberapa berita yang berhubungan dengan politik ,ekonomi ,budaya ,dan sosial juga hadir sebagai bukti dari fungsi ini.
  •  Fungsi kedua adalah fungsi menghibur. Fungsi ini digunakan oleh kaum muda dan mereka yang kurang terdidik. Rubric yang biasanya digunakan untuk fungsi ini adalah rubric seni ,olahraga dan komik.

Dalam pekerjaan seorng Public Relations ,surat kabar memiliki peran yang sanga besar. Melalui surat kabar , seorang Public Relaions  dapat menyampaikan iklan ,berita ,advertiorial ,bahkan komik maupun cerita bersambung yang dapat digunakn untuk membangun citra perusahaan atau organisasi  yang di wakili.

Surat kabar sebagai media massa dalam masa orde baru mempunyai misi menyebarluaskan pesan pesan pembangunan dan sebagai alat mencerdaskan bangsa. Dari empat fungsi media massa (informasi, edukasi, hiburan, dan persuasif), fungsi yang paling menonjol dari surat kabar adalah informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan khalayak pembaca surat kabar, yaitu keingintahuan akan setiap peristiwa yang terjadi di sekitarnya.

Namun demikian, fungsi hiburan surat kabar pun tidak terabaikan karena tersedianya rubrik artikel ringan, feature, rubrik cerita bergambar atau komik, serta cerita bersambung. Begitu pula dengan fungsinya mendidik dan memengaruhi akan ditemukan pada artikel ilmiah, tajuk rencana, atau editorial, dan rubrik opini. Fungsi pers khususnya surat kabar pada perkembangannya bertambah yakni sebagai alat kontrol sosial yang konstruktif.

Surat kabar juga dapat dikelompokkan pada berbagai kategori. Dilihat dari ruang lingkupnya, maka surat kabar lokal, regional, dan nasional. Ditinjau dari bentuknya ada bentuk surat kabar biasa dan tabloid. Sedangkan dilihat dari bahasa yang digunakannya ada surat kabar berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa daerah.

Daftar Pustaka :

Darmastuti ,Rini.2012.Media Relations-Konsep ,Strategi ,dan Aplikasi.Yogyakarta.CV Andi

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

No comments:

Post a Comment